Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Persiapan, Pengolahan Dan Cara Menanam Padi

AssalamPrint, Persiapan, Pengolahan Tanah Dan Penanaman Bibit Padi Di Sawah
Sebelum Kita Lanjutkan Pembahasan Kali Ini Tentang Persiapan Pada Tanah Persawahan Atau Juga Biasanya Dikenal Dengan Istilah Pengolahan Hingga Proses Penanaman Padi Ditanah Persawahan Pastinya Anda Telah Membaca Postingan Beberapa Hari Lalu Mengenai Deskripsi Umum Tanaman Pangan, Jika Belum Silah Baca Denga Cara Klik DISINI.
Mengelola Tanah Persawahan Bertujuan Merubah Tanah Sawah Pertanian Dengan Menggunakan Berbagai Alat Tertentu Sehingga Diperoleh Susunan Struktur Tanah Dikehendaki Tanaman Padi. A. Proses Persiapan, Pengolahan   Proses Mengolah Sawah Terdiri Beberapa Tahap : a. Pembersihan b. Pencangkulan c. Pembajakan d. Perataan Proses Tahap Pembersihan   Pembersihan Selokan-Selokan Atau Irigasi Perairan Pembersihan Jerami Baik Itu Dengan Cara Dibabat Dan Lain Sebagainya. Jerami Juga Dapat Digunakan Sebagai Bahan Pembuatan Pupuk Kompos. Proses Membajak atau Pencangkulan  Proses Perbaikan Petak Sawah Atau Biasa Dikenal Pematang Dengan Cara Membajak Menjadikan Tanah Terpecah-Pecah Sehingga Menjadi Bongkahan Tanah Rumput, Jerami Dibalik Dengan Menggunakan Beberapa Alat Tertentu Agar Dapat Membusuk Pembusukan Rumput, Jerami Menggunakan Bantuan Mikro Organisme Pada Tanah Yang Ada Proses Perataan  Bongkahan Atau Pecahan-pecahan Tanah Diratakan Dan Dihancurkan Saat Proses Perataan Diusahakan Sawah Tergenang Air Sebelum Atau Selama Proses Perataan Sebaiknya Tempat Keluar Masuknya Air Ditutup Supaya Tanah Atau Lumpur Yang Sudah Dihancurkan Tidak Terbawa Air. B. Proses Penanaman   Sebelum Proses Penanaman Bibit Padi Ada Beberapa Hal Harus Diperhatikan, Antara Lain Adalah : a. Umur Tanaman Bibit c. Tahap/Proses Penanaman Bibit  Untuk Penjelasannya Disimak Ajak Langsung, Yuk… Umur Bibit  Jika Umur Bibit Sudah Cukup Umur Serta Sesuai Dengan Jenis Bibit Padi, Maka Bibit Padi Tersebut Dapat Segera Dipindahkan Untuk Ditanam Dengan Salah Satu Cara Mencabut Bibit Padi.
Mengelola Tanah Persawahan Bertujuan Merubah Tanah Sawah Pertanian Dengan Menggunakan Berbagai Alat Tertentu Sehingga Diperoleh Susunan Struktur Tanah Dikehendaki Tanaman Padi.

A. Proses Persiapan, Pengolahan 

Proses Mengolah Sawah Terdiri Beberapa Tahap :
a. Pembersihan
b. Pencangkulan
c. Pembajakan
d. Perataan

Proses Tahap Pembersihan 

  1. Pembersihan Selokan-Selokan Atau Irigasi Perairan
  2. Pembersihan Jerami Baik Itu Dengan Cara Dibabat Dan Lain Sebagainya. Jerami Juga Dapat Digunakan Sebagai Bahan Pembuatan Pupuk Kompos.

Proses Membajak atau Pencangkulan

  • Proses Perbaikan Petak Sawah Atau Biasa Dikenal Pematang Dengan Cara Membajak
  • Menjadikan Tanah Terpecah-Pecah Sehingga Menjadi Bongkahan Tanah
  • Rumput, Jerami Dibalik Dengan Menggunakan Beberapa Alat Tertentu Agar Dapat Membusuk
  • Pembusukan Rumput, Jerami Menggunakan Bantuan Mikro Organisme Pada Tanah Yang Ada

Proses Perataan

  • Bongkahan Atau Pecahan-pecahan Tanah Diratakan Dan Dihancurkan
  • Saat Proses Perataan Diusahakan Sawah Tergenang Air
  • Sebelum Atau Selama Proses Perataan Sebaiknya Tempat Keluar Masuknya Air Ditutup Supaya Tanah Atau Lumpur Yang Sudah Dihancurkan Tidak Terbawa Air.

B. Proses Penanaman 

Sebelum Proses Penanaman Bibit Padi Ada Beberapa Hal Harus Diperhatikan, Antara Lain Adalah :
a. Umur Tanaman Bibit
c. Tahap/Proses Penanaman Bibit

Untuk Penjelasannya Disimak Ajak Langsung, Yuk…

Umur Bibit

Jika Umur Bibit Sudah Cukup Umur Serta Sesuai Dengan Jenis Bibit Padi, Maka Bibit Padi Tersebut Dapat Segera Dipindahkan Untuk Ditanam Dengan Salah Satu Cara Mencabut Bibit Padi.

Tahap Penanaman

Pada Tahap Proses Penanaman Padi Dapat Digolongkan Menjadi Dua Bagian.
- Memindahkan Bibit Padi
- Menanam Bibit Padi

* Memindahkan Bibit

Bibit Pada Tempat Persemaian Sudah Mencapai Umu 17 Sampai 25 Hari Atau Tergantung Pada Jenis, Golongan Padinya, (Genjah / Dalam) Sudah Bisa Dipindahkan Ditempat Lahan Tersidia.
Bibit Tanaman Padi Memiliki Beberapa Syarat Jika Mau Dipindahkan Kelahan Persawahan :

  • Bibit Sudah Mencapai Berumur 17 Sampai 25 Hari
  • Bibit Padi Sudah Memiliki Daun Sebanyak 5 Sampai 7 Lembar
  • Bibit Sudah Memiliki Batang Besar Dan Kuat Pada Bagian Bawah
  • Bibit Memiliki Pertumbuhan Seragam (Terjadi Pada Jenis Bibit Padi Sama)
  • Bibit Terhindar Dari Hama Serta Berbagai Penyakit

* Menanam

Dalam Proses Menanam Padi, Dengan Berbagai Cara Tergantung Kebiasaan, Serta Tidak Terlepas Dari Berbagai Aturan Yang Ada Seperti Sistem Tanam (Cara Penanaman), Jarak Antara Tanam Satu Dengan Tanaman Lainnya, Hubungan Antara Tanaman Padi, Jumlah Bibit Tanaman Padi Setiap Lubang, Kedalam Menanam Bibit, Cara Menanam Bibit Padi.

Jenis Atau Golongan Padi Tertentu Bisa Menghasilkan Banyak Cabang (Anak-an). Jumlah Anakan Banyak Diperlukan Jarak Tanam Bibit Lebih Besar, Sebaliknya Jika Jenis Padi Memiliki Jumlah Cabang Sedikit Diperlukan Jarak Tanam Bibit Lebih Sempit.

Penyerapan Unsur Hara Pada Akar Tanaman Bibit Padi Dapat Berpengaruh Pada Penentuan Jarak, Karena Pertumbuhan Akar Tanaman Itu Sendiri Di Tanah Subur Akan Lebih Baik. Dibandingkan Pada Pertumbuhan Akar Di Tanah Kurang Subur. Karena Itu Jarak Tanam Dibutuhkan Pada Tanah Subur Lebih Lebar Dibandingkan Pada Tanah Kurang Subur.

Daerah Memiliki Ketinggian Tertentu Misalnya, Daerah Pegunungan, Jarak Lebih Rapat Dari Pada Jarak Didataran Rendah, Hal Tersebut Berkaitan Erat Dengan Persediaan Air. Padi Varietas Unggul Diperlukan Jarak Tanam Antara 20 Dikali 20 Centi Meter Di Musim Kemarau, 25 Kali 25 Centi Meter Di Musim Hujan.

Pada Hubungan Tanaman Padi Terkait Pada Jarak, Seperti Tanaman Berbentuk Bujur Sangkar Atau Persegi Empat, Persegi Panjang, Tanaman Padi Dua Baris.
Pemakian Bibit Setiap Lubangnya Kira-kira Sebanyak Dua SampaiTiga Batang. Bibit Ditanam Terlalu Dalam / Dangkal Bisa Menjadi Pertumbuhan Padi Kurang Bagus, Kedalam Baik Sekitas 3-4 Cm.

Menanaman Padi Diawali Menggaris Tanah Dengan Menggunakan Alat Pengukur Seperti Tali Agar Bisa Ditentukan Jarak Antara Tanaman. Kemudian Akan Dilakukan Penanaman Secara Menyeluruh/Serentak.

Demikian Beberapa Ulasan Mengenai Cara Persiapan, Pengolahan Dan Cara Menanam Padi, Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Persiapan, Pengolahan Dan Cara Menanam Padi"