Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Ketika seseorang hendak melamar suatu pekerjaan, ada kalanya perusahaan yang dituju menunjukkan beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi oleh seorang pelamar. Salah satunya yaitu si pelamar diwajibkan masih berstatus lajang atau belum menikah. Kebijakan ini biasanya dikeluarkan oleh perusahaan – perusahaan yang menuntut profesionalisme tinggi dari para karyawannya.

Untuk memenuhi persyaratan tersebut biasanya para pelamar diharuskan melampirkan suatu surat pernyataan yang isinya yaitu menyatakan bahwa orang yang bersangkutan masih lajang atau belum menikah.  Pernyataan inilah yang disebut dengan Surat Pernyataan Belum Menikah.

Selain sebagai syarat untuk melamar pekerjaan, Surat Pernyataan Belum Menikah ini juga biasanya disertakan ketika seseorang ingin melangsungkan sebuah pernikahan.

Sebelum membahas mengenai Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah ini, ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam menyusun Surat Pernyataan Belum Menikah, antara lain :

  1. Kepala surat Kepala surat ditulis dengan abjad kapital dan umumnya berposisi center (tengah).
  2. Identitas diri Menyatakan identitas diri si pembuat pernyataan secara jelas. Misalnya nama lengkap, daerah dan tanggal lahir, jenis kelamin, pekerjaan, alamat, dan lain – lain.
  3. Isi surat Isi Surat Pernyataan Belum Menikah disampaikan dengan singkat, padat, dan jelas.
  4. Penutup Menutup Surat Pernyataan Belum Menikah dengan kalimat yang baik dan sopan.
  5. Tanda tangan dan nama terang Di bab tamat Surat Pernyataan Belum Menikah, tuliskan nama terang dan tanda tangan pembuat pernyataan.
  6.  Materai Agar lebih meyakinkan, berikan materai (6000) pula dalam Surat Pernyataan Belum Menikah ini.
Jika para pembaca ingin tau ingin mengetahui bagaimana bentuk dari Surat Pernyataan Belum Menikah ini, berikut ibarat biasa kami cantumkan beberapa Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah sebagai materi referensi :

Contoh 1 : Surat Pernyataan Belum Menikah untuk Pendaftaran CPNS


SURAT PERNYATAAN

    Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap               : Ahmad Nur Mujiono
Tempat, tanggal lahir    : Sleman, 17 Agustus 1994
Jenis kelamin                : Laki - laki
Agama                           : Islam
Pekerjaan                      : Mahasiswa
Alamat                          : Jalan Kebon Agung 10, Mlati, Sleman, DIY

    Dengan ini menyatakan bergotong-royong bahwa hingga surat pernyataan ini dikeluarkan saya benar – benar masih lajang atau belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Hukum Adat, Hukum Agama, maupun Hukum Negara.

    Demikian pernyataan ini saya buat dengan sejujurnya. Apabila di lalu hari nanti terdapat sesuatu yang kurang sesuai dengan isi pernyataan ini, maka saya bersedia mempertanggungjawabkannya sesuai aturan yang berlaku.

Yogyakarta, 12 Juli 2017

Yang menyatakan,

[materai]

Ahmad Nur Mujiono



Contoh 2 : Surat Pernyataan Belum menikah untuk Melamar Pekerjaan


SURAT PERNYATAAN

    Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap               : Aprilia Dwi Sri Handayani
Tempat, tanggal lahir    : Pati, 23 Mei 1994
Jenis kelamin                : Perempuan
Agama                           : Islam
Pekerjaan                       : -
Alamat                           : Desa Ronggo, RT 02, RW 04, Kec. Jaken, Kab. Pati

    Dengan ini menyatakan bergotong-royong bahwa hingga ketika ini saya belum pernah menikah dengan siapapun atau masih berstatus lajang. 

    Demikian pernyataan ini saya buat dengan sejujurnya. Apabila di lalu hari nanti terdapat sesuatu yang tidak sesuai dengan isi pernyataan ini, maka saya bersedia mempertanggungjawabkannya di hadapan hukum.

Pati, 12 Juli 2017
Pembuat pernayataan,

[materai]

Aprilia Dwi Sri Handayani

tumpuan 3 : surat pernyataan belum menikah untuk kua

 ada kalanya perusahaan yang dituju menunjukkan beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi  Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah
contoh surat pernyataan belum menikah untuk kua


Demikian beberapa Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah yang sanggup kami berikan kepada para pembaca. Semoga Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah tersebut sanggup bermanfaat dan membantu para pembaca yang sedang mencari referensi untuk menyusun Surat Pernyataan Belum Menikah. Terima kasih.

Post a Comment for "Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah"