Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT

Surat Keterangan Domisili atau Tempat Tinggal yaitu surat keterangan yang isinya mengambarkan perihal tempat tinggal atau keberadaan seseorang di suatu daerah. Surat Keterangan Domisili ini biasanya dikeluarkan oleh pihak kelurahan, mulai dari pejabat terendah yaitu RT sampai kepala desa. Tujuan dari pembuatan Surat Keterangan Domisili ini biasanya untuk melengkapi dokumen sebelum melakukan pernikahan. Fungsi lain dari Surat Keterangan Domisili ini yaitu sebagai surat keterangan apabila seseorang ingin berpindah tempat tinggal dari satu tempat ke tempat lain.

 Surat Keterangan Domisili atau Tempat Tinggal yaitu surat keterangan yang isinya meneran Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT
Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT



    Beberapa manfaat yang didapatkan dari Surat Keterangan Domisili ini antara lain sebagai berikut :
  1.  Asal – permintaan seseorang menjadi lebih terang alasannya yaitu terdapat catatan resmi dan lengkap dari kelurahan atau tempat tempat tinggalnya.
  2. Sebagai bukti yang sah dan valid dari mana asal orang yang bersangkutan. Jika Surat Keterangan Domisili atau Tempat Tinggal ini dipakai untuk proses pindah domisili maka tempat tujuannya tidak perlu khawatir akan asal – permintaan orang tersebut.
  3. Sebagai jaminan apabila pihak terkait ingin menelusuri secara pribadi asal – permintaan orang yang diterangkan dalam Surat Keterangan Domisili tersebut.

Dalam menyusun Surat Keterangan Domisili ini terdapat beberapa poin yang perlu diperhatikan. Di antaranya yaitu sebagai berikut :

1.    Kop Surat
Karena termasuk jenis surat resmi maka dalam menyusun Surat Keterangan Domisili ini harus menyertakan kop surat resmi (kelurahan).

2.    Identitas orang yang bersangkutan
Ini yaitu salah satu poin terpenting yang harus ada dalam Surat Keterangan Domisili yaitu identitas orang yang menjadi objek dalam surat tersebut. Cantumkan identitasnya secara terang dan lengkap.

3.    Tanda tangan dan stempel

Bubuhkan juga tanda tangan dan stempel resmi dari instansi yang mengeluarkan Surat Keterangan Domisili tersebut, dalam hal ini yang memiliki wewenang yaitu ketua RT.

4.    Bahasa baku
Seperti jenis – jenis surat resmi pada umumnya, kita harus memakai bahasa yang baik dan benar dalam menyusun Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT.


Tanpa perlu berlama – lama, berikut kami berikan Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT sebagai materi rujukan untuk Anda :

Contoh :



PEMERINTAH KABUPATEN PATI
KECAMATAN JAKEN
KANTOR KELURAHAN DESA RONGGO
Jalan Bukit Indah 12, Desa Ronggo, Kec. Jaken, Kab. Pati
Telepon : 0295-123-4567
SURAT KETERANGAN DOMISILI
Nomor : ..... / ..... / ..... / .....

   
Yang bertanda tangan di bawah ini Ketua RT 01, RW 01, Desa Ronggo, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati dengan ini mengambarkan bahwa :
Nama                               : Joko
Tempat, Tanggal Lahir    : Pati, 17 Agustus 1994
Jenis Kelamin                  : Laki - laki
Pekerjaan                         : Mahasiswa
Agama                             : Islam
Status Pernikahan            : Belum menikah
Kewarganegaraan            : Indonesia
Alamat                             : Desa Ronggo, RT 01, RW 01, Kec. Jaken, Kab. Pati
Orang tersebut di atas benar – benar warga kami yang pada dikala ini berdomisili di Desa Ronggo, RT 01, RW 01, Kec. Jaken, Kab. Pati.

Demikian surat keterangan ini dibentuk dengan sebenar – benarnya dan biar sanggup dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Ronggo, 3 Maret 2017
Ketua RT 01 / RW 01,



Ahmad Nur Mujiono

Demikian Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT yang sanggup kami berikan kepada Anda pada artikel kali ini. Semoga sanggup membantu dan menjadi rujukan bagi para pembaca sekalian. Sampai jumpa pada artikel dan pembahasan lainnya. Terima kasih.

Post a Comment for "Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT"