Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri

Sebuah ijab kabul yang dinyatakan resmi di Indonesia haruslah diakui secara sah oleh agama maupun negara. Jika salah satu dari kedua parameter tersebut belum terpenuhi maka ijab kabul tersebut belumlah sanggup diakui secara resmi di negara ini. Namun terdapat beberapa orang yang menentukan untuk melaksanakan nikah siri. Yaitu ijab kabul yang dilakukan secara aturan keagamaan. Apakah pasangan yang melaksanakan ijab kabul siri tersebut sudah sanggup disebut sebagai pasangan suami istri secara sah? Jika dilihat dari sudut pandang agama, keduanya memang telah dinyatakan sebagai pasangan suami istri secara sah. Namun negara tetap tidak akan mengakuinya. Kecuali pasangan tersebut bersedia mengurus ijab kabul tersebut sesuai aturan yang berlaku di Indonesia.

    Salah satu persyaratan yang harus dilengkapi untuk mengurus legalitas ijab kabul siri tersebut yakni dengan menciptakan sebuah Surat Pernyataan Nikah Siri. Isi Surat Pernyataan Nikah Siri tersebut yakni menyatakan bahwa kedua orang yang bersangkutan benar-benar telah melangsungkan sebuah proses ijab kabul yang sah sesuai aturan agama. Contoh Surat Pernyataan Pernikahan Siri inilah yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

    Beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam menyusun Surat Pernyataan Nikah Siri ini antara lain :

1. Nama surat
Poin pertama yakni nama surat, yaitu surat pernyataan. Umumnya berada di posisi paling atas, ditulis dengan karakter kapital dan berposisi center (tengah).

2. Identitas suami

Poin selanjutnya yakni identitas suami atau pihak yang berkedudukan sebagai pembuat pernyataan. Sebutkan identitas secara terang ibarat nama lengkap, kawasan dan tanggal lahir, usia, pekerjaan, sampai alamat kawasan tinggal.

3. Identitas istri
Setelah menyebutkan identitas pembuat pernyataan (suami), maka selanjutnya kita juga harus menyebutkan secara terang identitas sang istri. Isinya kurang lebih sama ibarat poin sebelumya.

4. Isi pernyataan

Poin utama dalam Surat Pernyataan Nikah Siri ini yakni isinya yang menyatakan bahwa kedua pihak yang bersangkutan telah terikat secara sah sebagai pasangan suami-istri secara aturan agama. Sebutkan pula waktu pelaksanaan ijab kabul tersebut.

5. Penutup
Selanjutnya yakni menutup Surat Pernyataan Nikah Siri ibarat surat lain pada umumnya.

6.  Saksi

Pada final Surat Pernyataan Nikah Siri ini juga perlu dicantumkan tanda tangan dari orang-orang yang dulu bertindak sebagai saksi dalam ijab kabul tersebut.

7. Poin terakhir, selain mencantumkan para saksi biasanya Surat Pernyataan Nikah Siri ini juga harus desetujui oleh pejabat setempat (RT/RW/Kelurahan).

Seperti biasa, pada artikel kali ini kami akan memperlihatkan Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri semoga para pembaca sekalian lebih gampang untuk memahami bagaimana bentuk dari Surat Pernyataan Nikah Siri tersebut. Berikut yakni Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri yang sanggup Anda jadikan sebagai materi referensi:

SURAT PERNYATAAN NIKAH AGAMA


Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                     : Paijo
Tempat, Tgl lahir   : …….
Umur                     : …….
Pekerjaan               : …….
Alamat                   : …….

menyatakan bahwa :

Nama                   : Paijah
Tempat/Tgl lahir : …….
Umur                   : …….
Pekerjaan             : …….
Alamat                 : …….


Adalah istri saya yang telah saya nikahi secara sah berdasarkan aturan dan syari’ah Islam pada tanggal 1 Januari 2017 dalam keadaan sadar dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya semoga sanggup dipergunakan sebagaimana mestinya. Apabila di lalu hari terdapat hal-hal yang tidak diinginkan, maka saya bersedia untuk mempertanggunjawabkannya sesuai aturan yang berlaku.

Yogyakarta, 12 September 2017
Saksi I                                            Saksi II                                   Yang menyatakan,


(Suparmin)                                      (Suparman)                                 (Paijo)


Mengetahui,
Ketua RT 008


(Sumarno)

Contoh Akta Nikah Siri

 Sebuah ijab kabul yang dinyatakan resmi di Indonesia haruslah diakui secara sah oleh agam Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri

Contoh Akta Nikah Siri

Contoh Surat Keterangan Nikah dari Kepala Desa

 Sebuah ijab kabul yang dinyatakan resmi di Indonesia haruslah diakui secara sah oleh agam Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri
contoh surat keterangan nikah dari kepala desa

ontoh surat keterangan nikah siri dari desa

 Contoh Surat Nikah Siri Resmi

 Sebuah ijab kabul yang dinyatakan resmi di Indonesia haruslah diakui secara sah oleh agam Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri

 Contoh Surat Nikah Siri Resmi


Post a Comment for "Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri"