Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Secara Resmi yang Baik dan Benar

Teknologi yang semakin canggih kini ini membantu seseorang dalam banyak sekali hal yang sifatnya meringankan pekerjaan. Salah satu yang diringkankan dan menjadi gampang ialah teknologi pengirim surat via surat elektronik atau e-mail. Surat menjadi lebih cepat hingga dan diterima eksklusif secara pribadi.

Hal ini juga menjadi salah satu cara perusahaan untuk membuka kesempatan para calon karyawan dengan mengirimkan surat lamaran pekerjaan via e-mail. Pada dasarnya tidak ada yang berbeda pada format menciptakan surat lamaran pekerjaan secara tradisional maupun melalui e-mail.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mengirim surat lamaran kerja melalui email, diantaranya:
  1. Persiapkan surat lamaran pekerjaan kedalam format berkas di MS. Word, Notepad atau PDF dan format lainnya yang nanti sanggup diupload/unggah.
  2. Sertakan juga Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
  3. Scan Ijazah
  4. Scan Sertifikat
  5. Scan KTP
  6. Pasfoto
  7. Surat - surat lain ( sesuai seruan perusahaan daerah melamar kerja )

Simpan berkas-berkas tersebut menjadi satu folder yang nantinya di unggah ke e-mail. Pastikan ukuran file tidak terlalu besar, alasannya ialah batasan sekali kirim e-mail rata-rata berkapasitas 25MB sekali kirim. File yang terlalu besar juga menciptakan proses pengunggahan menjadi lama. Pastikan juga semua berkas yang akan Anda kirim sudha tersusun rapi dan tidak keliru.

Pastikan Anda mempunyai akun pada email yang aktif dan sering dipakai sehingga sanggup mengetahui pemberitahuan secara cepat. Beberapa pola akun email yang biasa dimiliki masyarakat Indonesia ialah Gmail dan Yahoomail. Jika Anda tidak mempunyai akun email, Anda sanggup membuatnya memakai salah satu penyedia jasa layanan email tersebut. Cara membuatnya gampang sehingga Anda hanya perlu mengikuti langkah yang sudah tersedia.

Pastikan akun email Anda mempunyai nama sesuai dengan identitas Anda. Bisa nama lengkap biar terlihat lebih personal dan profesional. Dalam sajian pada proses pengiriman surat terdapat kolom tujuan (To: )yang sanggup dipakai untuk menulis alamat pengiriman surat tersebut. Alamat ini sanggup berupa email resmi perusahaan, atau eksklusif pada bab recruitment.


Terdapat juga kolom CC atau BCC yang mempunyai fungsi menyerupai tembusan kepada pihak yang terkait atau dibutuhkan. Namun hal ini dilakukan bila memang diperlukan. Kolom subject pada email berfungsi sebagai perihal. Ini sanggup ditulis dengan posisi apa yang Anda lamar dalam perusahaan.

Dalam email akan ada sajian pilihan yang sanggup dipakai untuk melampirkan data-data pendukung lamaran kita, berjulukan attachment. Simbol dari attachment ini berupa pin spiral yang biasanya terletak dibagian bawah laman penulisan surat.

Surat lamaran pekerjaan memakai email tidak membutuhkan bentuk surat secara cetak (print out). Sehingga lebih ringkas dan sanggup menampung banyak data yang dibutuhkan.

 Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email


To : recruitment.hrd@rumahmode.co.id
Cc : president@rumahmode.co.id
Subject : Internal Fashion Designer (kode posisi)

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi yang ada pada website, bahwa Rumah Mode sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Internal Designer, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama          : Lisa Mauli
Alamat        : Jln. Merdeka, No. 45, Jakarta Barat
TTL            : Surabaya, 17 Januari 1990
Pendidikan : S1 Fashion and Art

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.

Bersama dengan surat ini saya juga melampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai materi pertimbangan Bapak/Ibu kedalam bentuk attachment yang sanggup di unduh.

Besar keinginan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Lisa Mauli

pola daftar riwayat hidup via email


 Teknologi yang semakin canggih kini ini membantu seseorang dalam banyak sekali hal yang si  Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Secara Resmi yang Baik dan Benar
contoh daftar riwayat hidup via email

 contoh surat lamaran via email beserta lampirannya

 Teknologi yang semakin canggih kini ini membantu seseorang dalam banyak sekali hal yang si  Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Secara Resmi yang Baik dan Benar
contoh surat lamaran via email beserta lampirannya

Post a Comment for "Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Secara Resmi yang Baik dan Benar"