Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Lembar Excel Dengan Cell

Assalam Print - Belajar Microsoft Excel Bagi Pemula bisa dikatakan gampang-gampang susah. Karena ada beberapa hal yang perlu di pahami, antara lain Workbook, Worksheet, Cell, dan lain sebagainya.

Nah sebelum kita lanjutkan pembahasan postingan, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengetahui beberapa konsep atau pengenalan dasar pada lembar kerja Microsoft Excel, langsung saja simak di bawah ini :
  • Workbook = yaitu istilah untuk sebuah jenis/tipe File Microsoft Excel.
  • Worksheet = yaitu lembar kerja utama Excel, pada lembar kerja ini, terdapat kumpulan cell dalam jumlah banyak.
  • Cell = yaitu elemen lembar kerja utama, tempat kita untuk menulis atau memasukkan beberapa data sesuai keinginan.
  • Active Cell = yaitu cell aktif yang bisa kita tempati untuk menulis.
  • Alamat Cell = yaitu cell dengan berbentuk Kolom Baris sebagai penunjuk posisi/tempat cell di halaman Worksheet.
Nah ini salah satu yang harus bisa membedakannya terlebih dahulu.
Wah, susah banget untuk membedakannya??, tapi tidak usah risau, karena pada kesempatan kali ini kita akan bahas hal tersebut beserta beberapa yang berkaitan hal itu.
Assalam Print - Belajar Microsoft Excel bisa dikatakan gampang-gampang susah. Karena ada beberapa hal yang perlu di pahami, antara lain Workbook, Worksheet, Cell, dan lain sebagainya.  Nah sebelum kita lanjutkan pembahasan postingan, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengetahui beberapa konsep atau pengenalan dasar pada lembar kerja Microsoft Excel, langsung saja simak di bawah ini : Workbook = yaitu istilah untuk sebuah jenis/tipe File Microsoft Excel. Worksheet = yaitu lembar kerja utama Excel, pada lembar kerja ini, terdapat kumpulan cell dalam jumlah banyak. Cell = yaitu elemen lembar kerja utama, tempat kita untuk menulis atau memasukkan beberapa data sesuai keinginan. Active Cell = yaitu cell aktif yang bisa kita tempati untuk menulis. Alamat Cell = yaitu cell dengan berbentuk Kolom Baris sebagai penunjuk posisi/tempat cell di halaman Worksheet. Nah ini salah satu yang harus bisa membedakannya terlebih dahulu. Wah, susah banget untuk membedakannya??, tapi tidak usah risau, karena pada kesempatan kali ini kita akan bahas hal tersebut beserta beberapa yang berkaitan hal itu.  Tetapi pastinya Anda sudah membaca postingan beberapa hari yang lalu tentang Belajar Excel Untuk Pemula, Jika belum silahkan klik Tulisan Bold (Belajar Excel Untuk Pemula).  Jika sudah membaca postingan tersebut, pastinya juga sadah mengetahui sedikit banyaknya mengenai Program Microsoft Excel. So, kini saatnya untuk memulai menggunakan Halaman Kerja Excel dengan Cell.
Tetapi pastinya Anda sudah membaca postingan beberapa hari yang lalu tentang Belajar Excel Untuk Pemula, Jika belum silahkan klik Tulisan Bold (Belajar Excel Untuk Pemula).

Jika sudah membaca postingan tersebut, pastinya juga sadah mengetahui sedikit banyaknya mengenai Program Microsoft Excel. So, kini saatnya untuk memulai menggunakan Halaman Kerja Excel dengan Cell.

Cara Menulis Di Excel Dengan Cell

  • Silahkan buka aplikasi Excel dengan cara klik menu start windows yang ada pada sudut kiri bawah atau yang Logo Windows.
  • Kemudian klik All Programs, lalu cari dan klik folder Microsoft Office, klik lagi Microsoft Excel, disini saya pakai MS Excel 2007, ato perhatikan gambar berikut ini.
Silahkan buka aplikasi Excel dengan cara klik menu start windows yang ada pada sudut kiri bawah atau yang Logo Windows. Kemudian klik All Programs, lalu cari dan klik folder Microsoft Office, klik lagi Microsoft Excel, disini saya pakai MS Excel 2007, ato perhatikan gambar berikut ini.
  • Nah setelah itu Anda akan melihat aplikasi excel sudah terbuka atau biasa juga di sebut dengan nama Workbook. Workbook tersebut terdiri dari beberapa lembar/halaman kerja yang biasa di sebut dengan nama Worksheet (Sheet), dan biasanya tampil di bagian bawah dengan tulisan Sheet1, Sheet2, Sheet3. Apakah cuman tiga ( 3 ) sheet doang??, tidak karena bisa di tambah sesuai dengan keinginan, dengan cara klik Icon Insert Worksheet yang ada di sebelah kanan Sheet3, atau tekan di keyboard Shift + F11. Lihat gambar berikut.
Nah setelah itu Anda akan melihat aplikasi excel sudah terbuka atau biasa juga di sebut dengan nama Workbook. Workbook tersebut terdiri dari beberapa lembar/halaman kerja yang biasa di sebut dengan nama Worksheet (Sheet), dan biasanya tampil di bagian bawah dengan tulisan Sheet1, Sheet2, Sheet3. Apakah cuman tiga ( 3 ) sheet doang??, tidak karena bisa di tambah sesuai dengan keinginan, dengan cara klik Icon Insert Worksheet yang ada di sebelah kanan Sheet3, atau tekan di keyboard Shift + F11. Lihat gambar berikut.
  • Perhatikan gambar ke dua di atas, untuk gambar lebih jelas, lihat gambar paling atas. Di lembar kerja worksheet yang sedang terbuka, terdapat dua ( 2 ) jenis cell, yaitu cell aktif (Active Cell ) dan cell biasa. Pada gambar di atas terlihat Kolom Baris pertama dan seterusnya. Kolom pertama adalah A yang di tempati Pointer pada baris pertama.
  • Silahkan menulis, misalnya "Belajar Excel" tanpa tanda kutip ("), kemudian tekan Enter, dan secara otomatis cell aktif akan turun ke bawah, dan isi cell berupa tulisan yang barusan diketik terlihat rata kiri. Tulisan yang Anda sudah memasukkan termasuk Data yang bertipe Teks.
  • Sekarang pindahkan pointer (cell aktif/Active Cell) ke Kolom Baris ke dua, kolom ( ) dengan cara tekan tombol tanda panah ke kanan di keyboard sehingga pointer menempati kolom B baris ke dua, silahkan tulis/ketik "10000" tanpa tanda kutip (") dan tekan Enter, secara otomatis akan sama pada langkah di kolom A dan isi cell otomatis rata kanan. Tulisan yang Anda input adalah Data yang bertipe Angka.
  • Selanjutnya, pindahkan lagi pointer (cell aktif) ke kolom baris ke tiga (kolom C) dengan cara yang sama dengan di atas, dari kolom baris A ke kolom baris B. Sekarang tuliskan/ketik lagi tanggal, misalnya "03-06-2016" tanpa tanda kutip (") lalu Enter. Secara otomatis akan nampak 3/6/2016 dan rata kanan sama dengan pada kolom B. Isi cell yang baru di input adalah Data tipe Angka format tanggal.
Nah, sampai sekarang Anda sudah berhasil mengisi beberapa cell dengan data yang berbeda di kolom dan baris yang berbeda pula.

Kegiatan yang barusan di lakukan sebenarnya mempunyai alamat refrensi, dan itu diperlukan jika ingin melanjutkannya/bekerja lebih lanjut.

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan lagi gambar yang paling atas, coba lihat yang dilingkari warna kuning di atas cell, di dalam lingkaran tersebut terdapat Alfabet/Abjad (A, B, C, D, F, ...) dan seterusnya, sedangkan pada sisi paling kiri terdapat Nomor/Angka (1, 2, 3, 4, 5, 6, ...) dan seterusnya, itu biasanya disebut dengan Kolom atau Kolom Baris.

Hal ini menjadi sebuah acuan untuk Penamaan Alamat/Alamat Referensi, untuk lebih jelasnya simak contoh berikut ini.
  1. Tulisan Teks Belajar Excel yang diketik, atau dimasukkan pada kolom/cell pertama, menempati kolom pertama dan baris pertama. Dengan alamat cell yaitu A1 (A adalah tempat cell kolom Pertama), dan (Angka 1 adalah tempat cell baris Pertama), jika Anda melanjutkan menulis pada kolom A, maka akan menempati posisi angka 2 tempat cell baris Kedua dan seterusnya.
  2. Tulisan Angka 10000 yang diketik, atau dimasukkan pada cell Kedua kolom B, menempati kolom Kedua dan baris Kedua. Dengan alamat cell yaitu B2 (B adalah tempat cell kolom Kedua), dan (Angka 2 adalah tempat cell baris Kedua), jika Anda melanjutkan menulis pada kolom B, maka akan menempati posisi angka 3 tempat cell bari Ketiga dan seterusnya.
  3. Tulisan Tanggal 10000 yang diketik, pada cell Ketiga kolom C, menempati kolom Ketiga dan baris Ketiga. Dengan alamat cell yaitu C3 (C adalah tempat cell kolom Ketiga), dan (Angka 3 adalah tempat cell baris Ketiga), selanjutnya sama pada kolom A, dan B.
Maka dari itu, setiap cell mempunyai alamat cell yang unik.
Sampai disini semoga Anda bisa mengerti. Karena selanjutnya cara menyimpan file yang sudah di kerja ke dalam Komputer, Laptop.

Cara Menyimpan File Microsoft Excel

Setelah Anda melakukan berbagai kegiatan pengimputan pada halaman Worksheet Excel, tentunya kita harus menyimpannya agar lebih aman dan bisa digunakan lagi dalam berbagai keperluan tersendiri.

Untuk menyimpan file sudah kita kerja, terdapat dua cara yaitu dengan cara melalui menu/fitur bawaan Microsoft Excel sendiri, dan menggunakan keyboard dengan cara menekan beberapa tombol.
  1. Menggunakan Fitur bawaan Excel, yaitu silahkan klik Logo Microsoft Office (excel 2007) yang terletak pada sudut kiri atas, pilih Save atau Save As (disini saya pakai Save As), klik lagi Excel Workbook (yang paling atas), lalu pilih tempat penyimpana dan beri nama file, misalnya nama file : Cara Memulai Lembar Kerja Excel Dengan Cell, kemudian klik Tombol Save. Saya lebih suka pilih Save As karena terdapat beberapa pilihan untuk tipe/jenis/ekstensi file.
  2. Menggunakan Keyboard, untuk menyimpan file melalui keyboard, silahkan tekan tombol Ctrl + S, selanjutnya pilih tempat atau folder yang akan menjadi tempat file tersebut, jangan lupa berikan nama file, kemudian klik tombol Save atau tekan Enter.
File Excel memiliki ekstensi, tipe xls untuk excel yang memiliki versi di bawah excel 2007, sedangkan untuk versi excel 2007 ke atas memiliki tipe, ekstensi file xlsx.

Demikian postingan kali ini tentang Cara Kerja Lembar Excel Dengan Cell, semoga bisa membantu dan bermanfaat.
Terima Kasih.

Post a Comment for "Cara Kerja Lembar Excel Dengan Cell"