Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Landasan Dan Ruang Lingkup Desain Pembelajaran PAI

Assalam Print - Landasan Desain Pembelajaran PAI. Landasan itu secara garis besar ada tiga yaitu: Al-Qur`an, As-Sunnah, Ijtihad dan perundangan yang berlaku di Negara (Indonesia).

Baca Juga : Pengertian Dan Tujuan Desain Pembelajaran PAI

> Al-qur`an
Al-Qur’an ialah firman Allah berupa wahyu yang disampaikan oleh Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Didalamnya terkandung ajaran pokok yang dapat dikembangkan untuk keperluan seluruh aspek kehidupanb melalui Ijtihad.

Ajaran yang terkandung dalam Al-Qur’an itu terdiri dari dua prinsip besar, yaitu yang berhubungan dengan masalah keimanan yang disebut AQIDAH, dan yang berhubungan dengan amal yang disebut SYARI’AH.

Secara lengkap Al-qur`an didefenisikan sebagai Firman Allah yang diturunkan kepada hati Rasulullah, Muhammad Ibn Abdillah, melalui ruh al-Amin dengan lafal-lafalnya yang berbahasa arab dan maknanya yang benar, agar menjadi hujjah bagi Rasul bahwa ia adalah Rasulullah, dan sebagai undang-undang bagi manusia dan memberi petunjuk kepada mereka, serta menjadi sarana pendekatan dan ibadah kepada Allah dengan membacanya.

Dan Ia terhimpun dalam sebuah mushaf, diawali dengan surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan surat An-Nas, disampikan kepada kita secara mutawatir baik secara lisan maupun tulisan dari generasi kegenerasi, dan ia terpelihara dari berbagai perubahan atau pergantian.

> As-sunnah
As-sunnah didefenisikan sebagai sesuatu yang didapatkan dari Nabi Muhammad SAW. yang terdiri dari ucapan, perbuatan,persetujuan, sifat fisik atau budi, atau biografi, baik pada masa sebelum kenabian ataupun sesudahnya.

Suatu hal yang sudah kita ketahui bersama bahwa Rasulullah Muhammad SAW. diutus ke bumi ini, salah satunya adalah untuk memperbaiki moral atau akhlak umat manusia.

Oleh karena itu, sunnah merupakan landasan kedua bagi cara pembinaan pribadi manusia muslim. Sunnah selalu membuka kemungkinan penafsiran berkembang.

Itulah sebabnya, mengapa ijtihad perlu ditingkatkan dalam memahaminya termasuk sunnah yang berkaitan dengan pendidikan.

> Ijtihad
Ijtihad adalah istilah para fuqawah, yaitu berfikir dengan menggunakan seluruh ilmu yang dimiliki oleh ilmuan syari’ah islam untuk menetapkan atau menentukan sesuatu hukum atau syari’at islam dalam hal-hal yang ternyata belum ditegaskan hukumnya oleh Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Ijtihad dalam hal ini dapat saja meliputi seluruh aspek kehidupan termasuk aspek pendidikan, tetapi tetap berpedoman pada Al-Qur’an dan Sunnah.
Landasan itu secara garis besar ada tiga yaitu: Al-Qur`an, As-Sunnah, Ijtihad dan perundangan yang berlaku di Negara (Indonesia).  Baca Juga : Pengertian Dan Tujuan Desain Pembelajaran PAI  > Al-qur`an Al-Qur’an ialah firman Allah berupa wahyu yang disampaikan oleh Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Didalamnya terkandung ajaran pokok yang dapat dikembangkan untuk keperluan seluruh aspek kehidupanb melalui Ijtihad.  Ajaran yang terkandung dalam Al-Qur’an itu terdiri dari dua prinsip besar, yaitu yang berhubungan dengan masalah keimanan yang disebut AQIDAH, dan yang berhubungan dengan amal yang disebut SYARI’AH.  Secara lengkap Al-qur`an didefenisikan sebagai Firman Allah yang diturunkan kepada hati Rasulullah, Muhammad Ibn Abdillah, melalui ruh al-Amin dengan lafal-lafalnya yang berbahasa arab dan maknanya yang benar, agar menjadi hujjah bagi Rasul bahwa ia adalah Rasulullah, dan sebagai undang-undang bagi manusia dan memberi petunjuk kepada mereka, serta menjadi sarana pendekatan dan ibadah kepada Allah dengan membacanya.  Dan Ia terhimpun dalam sebuah mushaf, diawali dengan surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan surat An-Nas, disampikan kepada kita secara mutawatir baik secara lisan maupun tulisan dari generasi kegenerasi, dan ia terpelihara dari berbagai perubahan atau pergantian.  > As-sunnah As-sunnah didefenisikan sebagai sesuatu yang didapatkan dari Nabi Muhammad SAW. yang terdiri dari ucapan, perbuatan,persetujuan, sifat fisik atau budi, atau biografi, baik pada masa sebelum kenabian ataupun sesudahnya.  Suatu hal yang sudah kita ketahui bersama bahwa Rasulullah Muhammad SAW. diutus ke bumi ini, salah satunya adalah untuk memperbaiki moral atau akhlak umat manusia.  Oleh karena itu, sunnah merupakan landasan kedua bagi cara pembinaan pribadi manusia muslim. Sunnah selalu membuka kemungkinan penafsiran berkembang.  Itulah sebabnya, mengapa ijtihad perlu ditingkatkan dalam memahaminya termasuk sunnah yang berkaitan dengan pendidikan.  > Ijtihad Ijtihad adalah istilah para fuqawah, yaitu berfikir dengan menggunakan seluruh ilmu yang dimiliki oleh ilmuan syari’ah islam untuk menetapkan atau menentukan sesuatu hukum atau syari’at islam dalam hal-hal yang ternyata belum ditegaskan hukumnya oleh Al-Qur’an dan As-Sunnah.  Ijtihad dalam hal ini dapat saja meliputi seluruh aspek kehidupan termasuk aspek pendidikan, tetapi tetap berpedoman pada Al-Qur’an dan Sunnah.
Namun demikian Ijtihad harus mengikuti kaidah-kaidah yang diatur oleh para mujtahid tidak boleh bertentangan dengan isi Al-Qur’an dan Sunnah tersebut.

Karena Ijtihad dipandang sebagai salah satu sumber hukum Islam yang sangat dibutuhkan sepanjang masa setelah Rasul Allah wafat.

Sasaran ijtihad adalah segala sesuatu yang diperlukan dalam kehidupan, yang senantiasa berkembang. Ijtihad bidang pendidkan sejalan denga perkembangan zaman yang semakin maju, terasa semakin urgen dan mendesak, tidak saja dibidang materi atau isi, melainkan juga dibidang sistem dlam arti yang luas.

Baca Juga : Jenis, Model, dan Perencanaan Pembelajaran

Dalam perencanaan pembelajaran tentu hal itu memiliki Ruang Lingkup.
Secara umum ruang lingkup rencana pembelajaran meliputi :

1. Program pengajaran
Program pengajaran merupakan suatu rencana pengajaran sebagai panduan bagi guru atau pengajar dalam melaksnakan pengajaran.

Agar pengajaran bisa berjalan dengan efektif dan efisien, maka perlu kiranya dibuat suatu program pengajaran.

Program pengajaran yang dibuat oleh guru tidak selamanya bisa efektif dan dapat dilaksanakan dengan baik, oleh karena itulah agar program pengajaran yang telah dibuat yang memiliki kelemahan tidak terjadi lagi pada program pengajaran berikutnya, maka perlu diadakan evaluasi program pengajaran.

2. Proses pelaksanaan pengajaran
Pelaksanaan proses pembelajaran terdiri dari beberapa tahapan antara lain yaitu:

>a. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan menfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Bagus Juga Jika Anda Baca : Kondisi Belajar Mengajar yang Efektif

>b. Kegiatan Inti
Kegiatan ini merupakan proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Dalam kegiatan inti pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode yang disesuaikan.

3. Hasil belajar yang akan dicapai
Merupakan suatu hal yang menjadi target utama yang mentukan berhasil atau tidaknya semua hal yang berkaitan dengan kegiatan, termasuk kegiatan pendahuluan dan kegiatan inti.


Baca Juga : Tugas, Peran, Dan Kompetensi Guru

Itulah beberapa penjelasan tentang Landasan Dan Ruang Lingkup Desain Pembelajaran PAI, dan semoga postingan kali ini bermanfaat.

4 comments for "Landasan Dan Ruang Lingkup Desain Pembelajaran PAI"

  1. Terima Kasih atas artikelnya..
    Sangat membantu sekali
    Semoga semakin banyak orang yang membaca artikel ini...

    Salam Sukses...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimah kasih kembali atas kunjungannya.
      Salam sukses

      Delete
  2. Artikelnya bagus kak. Saya mau buat resume untuk tugas kuliah dengan materi ini. Kalau boleh saya ingin tau sumber buku/jurnalnya dari mana kak? Tolong dijawab ya kak terima kasih

    ReplyDelete
  3. Maaf kak sya ingin membuat resume tugas kuliah tentang materi ini. Materinya bagus. Kalau boleh tau sumber buku/ jurnalnya dari manay

    ReplyDelete

- Silahkan Berkomentar Sesuai Artikel
- URL/Link Aktif atau Mati Akan Dihapus